' rel='SHORTCUT ICON'/>

MSI Wind Notebook U100: Menyamankan Segalanya

Dibandrol dengan harga cukup bersahabat, netbook besutan MSI ini menyuguhkan feature lengkap dan kenyamanan mengetik.

Netbook berprosesor Intel Atom 1,6GHz ini kami beri gelar 3N: nyaman dijinjing, nyaman dipakai, dan juga nyaman di kantong. Maklum bobotnya hanya 1,18kg. Memang agak lebih berat jika dibandingkan Asus Eee PC 900, tetapi masih wajar untuk ukurannya.



U100 ini nyaman dipakai karena layarnya lega,10,2”, dengan resolusi 1024x600 pixel. Saat membaca halaman situs Web, kita tidak perlu geser-geser ke kiri dan ke kanan. Layarnya terang dengan dukungan backlight. Sementara itu tuts keyboard dan touchpad-nya juga lebar. Mengetik 10 jari pun terasa nyaman, karena jari bisa menari-nari dengan cukup bebas. Apalagi tutsnya empuk. Sayangnya bidang klik kanan dan kiri pada touchpad sempit, sehingga agak sulit dijangkau.


Lebih dari itu, fitur nirkabelnya lengkap: Wi-Fi b/g dan Bluetooth. Alhasil kita bebas memilih mana yang akan diaktifkan saat akan berselancar di dunia maya. Untuk mengaktifkan Bluetooth, tinggal tekan kombinasi tombol Fn-F11.


MSI Wind Notebook U100 juga nyaman di pergelangan tangan. Berkat penggunaan prosesor Intel Atom, tidak ada udara panas yang mengganggu kenikmatan pemakaiannya. Memangku U100 pun tak jadi masalah, karena tidak menyebabkan kita berteriak kepanasan. Namun ini kurang disarankan jika Anda berniat mendengarkan musik. Sebab kedua speaker yang terletak di bawah palmrest akan tertutup.


Seperti juga netbook lain, U100 diperlengkapi dengan slot kartu SD. Namun kartu memori yang diselipkan akan sedikit menonjol keluar dari slot. Ini – menurut kami – agak berbahaya, karena kartu bisa secara tidak sengaja terbentur saat notebook dipakai atau diangkat, khususnya di ruang yang sempit.


Harganya yang cuma Rp 5,8 juta pun termasuk nyaman di kantong. Maklum netbook serupa dari Asus dengan prosesor Celeron 900MHz hanya sekitar Rp 100 ribu lebih murah. Padahal netbook MSI yang datang standar dengan sistem operasi Windows XP Professional ini sudah dibekali dengan harddisk 80GB, bukan SSD (solid state disk), sebagai storage. Ini berarti kita bebas menyimpan dan meng-install sebarang file/aplikasi, termasuk film dan game - di netbook tanpa kuatir kehabisan kapasitas.


Agak disayangkan, kapasitas batere U100 ini hanya 2200mAh. Apalagi waktu pengisian batere 3-cell ini lebih lama dibandingkan masa pakainya (2 jam 46 menit vs. 1 jam 48 menit). Namun MSI menjanjikan akan merilis batere 6-cell yang lebih baik .

Kes:
Sungguh, MSI Wind Notebook U100 ini menyenangkan. Kecil tetapi mumpuni. Tidak panas, gegas, dan ada Wi-Fi dan Bluetooth, serta tidak berat. Cocok untuk diajak bekerja di mana pun. Satu-satunya keluhan kami adalah casing plastiknya yang kusam dan mudah kotor. Namun menurut kabar terakhir, casing tersebut akan ditambahi lapisan glossy sehingga tidak mudah kotor. (Wiwiek Juwono)



Plus : Layar dan keyboard lebar; Wi-Fi dan Bluetooth; ergonomis; gegas; tidak panas; harddisk 80GB.

Minus: Isi ulang batere lama; casing cepat kotor; keseimbangan notebook agak kurang saat layar dibuka; agak berat; kualitas speaker agak kurang.



0 komentar: