' rel='SHORTCUT ICON'/>

Praktek - Linux Mini

Mini Ukurannya Besar Manfaatnya
Sistem operasi multimedia yang siap pakai dalam dua menit? PC up and running hanya dalam hitungan detik? Tidak ada yang mustahil bagi sistem operasi Linux Mini.



7 versi Linux Mini

Tahun baru sudah berlalu, tetapi CHIP masih menyisakan kejutan "kecil" bagi Anda. CHIP edisi ketiga di tahun 2008 ini menyuguhkan tujuh distribusi Linux yang walaupun mini ukurannya, tapi besar manfaatnya. Ibarat dok­ter spesialis, tiap distro memiliki keahlian­nya sendiri. Mi­salnya distro SystemRescueCd memiliki spesialisasi untuk me­nye­la­matkan data di PC.

Untuk sekadar "mencicipinya", cukup gunakan PC virtual. Program PC virtual yang CHIP rekomendasikan untuk kebu­tuhan tersebut adalah VirtualBox (CHIP-CD/DVD). Anda pun tidak perlu ragu-ragu meng-install-nya di hard disk yang kapasitasnya terbatas. Sebuah sistem Linux yang lengkap dengan efek 3D spektakuler sekalipun dijamin tidak akan memenuhi hard disk Anda.



Ingin berlibur bersama Linux di genggaman Anda? Bukan masalah karena Linux mini dapat di-install dan dijalankan pada sebuah thumbdrive atau USB flash drive (UFD). Beberapa varian pun bahkan dapat dijalankan dari CF card atau Windows. Dunia Linux memang tidak mengenal batas dan jauh mendahului Windows. Selamat datang di dunia petualangan!

Sebelum mencoba Linux mini per­tama Anda, simak informasi da­lam boks untuk mengenal lebih jauh distribusi Linux tersebut, seperti berapa ukurannya dan apa saja yang dapat dilakukannya. Setelah itu, pilih dua opsi untuk memakainya, yaitu de­­ngan PC virtual yang "aman" atau meng-installnya langsung pada hard disk. Bagusnya lagi, Linux mini tidak banyak menuntut hardware. Damn Small Linux berjalan "mu­lus" pada PC 486DX de­ngan memori (RAM) 16 MB. Akselerator 3D dan memori berukuran GB hanya dibutuhkan bila Anda memperluas Linux Mini, misalnya dengan tampilan 3D Compiz Fusion.

Instalasi Linux mini
Sudah boks sudah disimak? Jika ya, tentukan Linux Mini mana yang ingin anda coba. Di dalamnya terdapat sebuah file ISO yang dapat dibakar pada CD dan selanjutnya di-install atau dijalankan pada PC virtual. CHIP menunjukkan beberapa kemungkinannya.

PC virtual: Apabila Anda ingin sekadar menguji Linux mini, install program VirtualBox (CHIP-CD/DVD). Jalankan program ini dan klik "New". Dalam wizard, berikan sebuah nama untuk PC virtual, misalnya "Linux", dan pilih entri "Linux 2.6" di bawah "OS Type". Selanjutnya, sediakan memori 128 MB. Untuk menguji tidak dibutuhkan hard disk virtual. Klik "Next" dan akhiri wizard dengan "Finish".





0 komentar: